Ciptakan Pilkada Yang Kondusif, FKUB Kapuas Hulu Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Kategori Berita

Ciptakan Pilkada Yang Kondusif, FKUB Kapuas Hulu Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Foto bersama elemen masyarakat Kapuas Hulu pada acara Deklarasi Pemilu Damai, Kamis (8/8/2024).

KAPUAS HULU, Kapuasrayanews.com -
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar kegiatan Deklarasi Pemilu Damai sekaligus penandatanganan Pemilu Damai yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat FKUB Kabupaten Kapuas Hulu, Jalan Kom Yos Sudarso Putussibau, Kamis (8/8/2024) pukul 08:30 WIB.

Dalam deklarasi tersebut dihadiri langsung Waka Polres Kapuas Hulu, Perwakilan Kodim 1206 Psb, Perwakilan Kejari Kapuas Hulu, Perwakilan Pengadilan Negeri Putussibau, KPU Kapuas Hulu, Bawaslu Kapuas Hulu, Pengurus Parpol serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun tokoh adat beserta tamu dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua FKUB Kapuas Hulu, Zainudin, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan bagaimana kondisi perpolitikan di Kapuas Hulu diharapkan semakin baik dan kondusif.

"Tentunya dari masing-masing pihak yang terlibat dalam kontestasi Pilkada bisa menahan diri lebih baik dan akhirnya bisa menciptakan kerukunan, keamanan di masyarakat kita," kata Zainudin. 

Menurutnya, Deklarasi Pemilu Damai ini bisa menjadi momentum penting bagi semua dalam meneguhkan komitmen untuk menciptakan ketenangan menjelang proses Pilkada, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu, tuturnya.

Acara tersebut diharapkan dapat memastikan bahwa Pilkada tahun ini dapat berjalan dengan aman, tenteram, dan damai, serta menjauhkan dari berbagai bentuk tantangan seperti berita bohong (hoaks), ujaran kebencian, politik identitas, polarisasi politik dan kampanye hitam, harapnya.
 
Jika kita lihat selama beberapa Pilkada di Kapuas Hulu, untuk kerukunan umat beragama tidak terlalu berdampak meskipun terkadang diawal Pilkada itu suasana politiknya panas,  namun setelah Pilkada usai semuanya berjalan seperti biasa kembali seperti semula, jelasnya.

"Seperti tidak ada lagi dendam politik ketika Pilkada usai. Masyarakat kita setelah pemilu usai berjalan seperti biasa saling sapa dan merangkul," ungkap Zainudin.
Penandatanganan Pemilu Damai oleh seluruh elemen masyarakat Kapuas Hulu.

Sementara Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar, menyampaikan apresiasi atas kegiatan Deklarasi dan Penandatanganan Pilkada Damai di Kapuas Hulu.

"Inilah yang kami harapkan, bagaimana kita menciptakan situasi kondusif terkait rangkaian maupun jadwal Pilkada ini terutama didalam masa pemilihan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada 27 November 2024 mendatang," katanya.

Waka Polres mengatakan, siapa pun yang terpilih pada Pilkada 2024, itulah yang merupakan pilihan masyarakat Kapuas Hulu. Untuk itu kita harus dukung segala program dan kebijakan dari Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya, ujarnya. 

Selain itu lanjutnya, untuk situasi jelang Pilkada di Kabupaten Kapuas Hulu masih kondusif. Tentunya ini tak terlepas dari semua dukungan dari elemen masyarakat, mulai dari FKUB, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ormas dan lainnya, terangnya.

"Kita juga berpesan kepada timses masing - masing Paslon Bupati dan Wakil Bupati jangan menonjolkan ujaran kebencian, penyebaran hoax termasuk politisasi agama. Kita harus sama-sama membangun Kabupaten Kapuas Hulu yang kita cintai ini pada Pilkada tahun ini dengan sejuk dan Damai," pungkas Waka Polres. (Amr)

uncak